Juara 3 Kompetisi Greenmech Tingkat Nasional Kategori Basic tingkat SMP

oleh | Mei 30, 2024 | Prestasi SMP Juara Bandung | 0 Komentar

Juara 3 Kompetisi Greenmech Tingkat Nasional Kategori Basic tingkat SMP

Siswa Sekolah Juara menorehkan prestasi gemilang dalam Kompetisi Nasional Greenmech 2024 yang digelar di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung pada 24 – 25 Mei 2024.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Rumah Edukasi selaku perwakilan Asosiasi Greenmech Dunia di Indonesia bekerja sama dengan Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan Universitas Tarumanagara Jakarta. Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah daerah di tanah air, ikut serta dalam ajang kompetisi robotik nasional tersebut.

Kompetisi yang telah diadakan di Indonesia sejak tahun 2017. Terdapat 4 cabang kompetisi Greenmech yaitu: Greenmech dan R4M (Robot for Mission) untuk Tingkat SD hingga SMA dan Greenmech Junior Science dan Greenmech Junior Programmer untuk Tingkat SD.

GreenMech adalah sebuah kompetisi membuat struktur mekanika Rube Goldberg Machine yang menyenangkan yang menghubungkan berbagai fungsi dari mekanika dan green energy melalui operasi yang kompleks dan kreatif untuk menyelesaikan tindakan yang sederhana.

Kompetisi ini menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan 5 aspek pembelajaran dan perkembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dan dibagi dalam 3 tingkat, yaitu tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Terdapat 140 tim dari 117 institusi SD, SMP, dan SMA yang mengikuti Kompetisi Nasional Greenmech 2024 yang meliputi Propinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara.

Dalam ajang kompetisi ini SMP Juara Bandung melalui perwakilan siswanya berhasil menjadi Juara 3 dalam kategori Kompetisi Greenmech Basic tingkat SMP.