Pramuka Membaca

oleh | Sep 12, 2023 | Berita SMP Juara Bandung | 0 Komentar

Pramuka yang merupakan akronim dari praja muda karana berarti warga negara muda yang berkarya atau orang muda yang suka berkarya. Karena itu anggota pramuka memiliki kaeakter-karakter pemuda yang aktif, berbakat dan kreatif, berkarya, berjiwa sosial dan selalu menambah wawasan.

Dalam kegiatan kepramukaan gugus depan SMP Juara Bandung hari Jum’at tanggal 1 September 2023, dilaksanakan gerakan readathonReadathon berasal dari gabungan 2 kata, yaitu read (membaca) dan marathon (lomba lari jarak jauh). Jadi, Readathon adalah saat dimana kita harus membaca buku dalam jangka waktu tertentu, tanpa henti. Kegiatan readathon merupakan literasi dini atau dasar sebagai bagian dari tahap pembiasaan. Kegiatan readathon akan mampu membangkitkan minat dan motivasi murid dalam membaca. Setelah menjadi kebiasaan akan tumbuh kebutuhan dan menjadi budaya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari jum’at pagi ini, seluruh anggota pramuka gugus depan SMP Juara Bandung berkumpul di lapangan sekolah. Dengan beralaskan terpal para anggota duduk bersila dan membaca buku masing-masing. Selama sekitar 15 semua larut dalam setiap untaian kata yang mereka baca.

Di akhir sesi, perwakilan anggota pramuka dari kelas VII, VIII dan IX menyampaikan inspirasi yang didapatkan dari buku yang mereka baca. Semoga kegiatan membaca ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh semua anggota pramuka.

#ijf #smpjuarabandung #september