JUARA BERBAGI: Meningkatkan Social Intellegence Siswa/i SD Juara Cimahi

oleh | Jan 25, 2024 | Berita SD Juara Cimahi | 0 Komentar

Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan sepekan sekali di SD Juara Cimahi adalah kegiatan market day. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jum’at. Ada yang berbeda pada kegiatan market day SD Juara Cimahi di semester ini. Selain merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih adab jual beli ala rasul dan melatih jiwa entrepreneur siswa/i. Kegiatan ini bertujuan juga untuk meningkatkan social intelligence siswa/i SD Juara Cimahi.
Social Intelligence merupakan salah satu kemampuan untuk dapat lebih empati /merasakan keadaan orang lain. Pada kegiatan market day di semester ini siswa/i diajak untuk dapat merasakan keadaan orang lain dengan mengajarkan bahwa pada harta yang kita dimiliki ada hak orang lain sehingga siswa/i harus terbiasa untuk berbagi. Baik untuk penjual maupun pembeli.

Bagi penjual minimal mereka berbagi 2,5% dari keuntungan yang mereka peroleh dari kegiatan market day. Sedangkan bagi pembeli minimal menyisihkan uang jajannya untuk berbagi. Kegiatan Juara Berbagi pada pekan ini, kami bekerja sama dengan Rumah Zakat pada program Berbagi Bersama Yatim. Alhamdulillah kegiatan ini disambut dengan antusias seluruh siswa/i SD Juara Cimahi. Bahkan ananda Aisha dan Abyaz kelas 1 dengan penuh semangat memberikan seluruh uang hasil berjualannya untuk kegiatan Juara Berbagi ini. MasyaAllah. Dan alhamdulillah dalam waktu satu hari ini kami dapat berbagi Rp 634.500 untuk program tersebut.

Alhamdulillah uang tersebut langsung disalurkan ke rumah zakat melalui Pak Ahmad Safrudin selaku petugas dari rumah zakat pada hari Senin, 7 Agustus 2023 selepas upacara. Bertepatan di bulan muharram yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah, mudah-mudahan kegiatan Juara berbagi ini dapat menghadirkan senyum kebahagiaan untuk para anak yatim di seluruh Indonesia. Dan mudah-mudahan kegiatan ini membuat siswa/i gemar untuk berbagi serta mudah-mudahan Allah SWT selalu memberkahi setiap kegiatan kita. Barokallahu fiikum.