Dalam upaya untuk meningkatkan interaksi positif dan mempererat hubungan antara guru dan walimurid, SD JUARA Cilegon memiliki program inovatif bernama “Home Visit”. Program ini bertujuan untuk membangun silaturahmi yang lebih erat dan menjalin kolaborasi positif antara sekolah dan keluarga siswa.

Ibu Siti Herlina, selaku Walikelas V SD JUARA Cilegon, mengungkapkan pentingnya program Home Visit dalam memahami kondisi siswa di luar lingkungan sekolah. “Kami percaya bahwa dengan mengenal lebih dekat latar belakang dan kehidupan siswa di rumah, kami dapat lebih baik mendukung perkembangan akademik dan emosional mereka,” ujar Ibu Lina.

Guru-guru di sekolah ini secara bergantian melaksanakan kunjungan ke rumah para siswa, membuka pintu bagi interaksi yang lebih mendalam antara guru dan keluarga siswa. Langkah ini mendapat sambutan hangat dari walimurid, seperti yang diungkapkan oleh Bu Miskiyah, walimurid dari siswa kelas V, “Saya merasa senang dan dihargai karena guru anak saya mau datang ke rumah kami. Kami bisa berbicara lebih bebas tentang kemajuan anak kami dan saling berbagi pandangan untuk mendukung perkembangannya.”

Lebih dari sekadar membangun hubungan emosional, program Home Visit juga membuka peluang kolaborasi dalam berbagai kegiatan. Orang tua siswa telah menawarkan kontribusi sukarela dalam penyelenggaraan acara sekolah dan berbagi pengalaman di depan siswa, memperkaya lingkungan belajar mereka.

Para pendidik di SD JUARA Cilegon berharap bahwa program Home Visit akan memiliki dampak positif dalam memperkuat hubungan sekolah dan komunitas. Langkah inovatif ini diharapkan dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain di seluruh negeri untuk mengadopsi pendekatan serupa, membangun silaturahmi yang kuat dan kolaborasi yang produktif antara guru, siswa, dan walimurid. Dengan demikian, pendidikan akan menjadi upaya bersama antara sekolah dan keluarga dalam membentuk generasi yang lebih baik.